kuchink

10 Fitur Tersembunyi iOS 15 Yang Jarang Diketahui

Fitur fitur tersembunyi yang ada di iOS

Fitur Tersembunyi iOS 15

Jika anda sudah memperbarui versi iPhone iOS 15, Anda mungkin beluk tahu dengan baik semua fitur penting iOS 15 seperti fitur SharePlay, yang memungkinkan Anda menonton film, mendengarkan musik, dan menjelajahi web dengan teman dan keluarga melalui FaceTime . Ada juga cara membungkam notifikasi dan menyembunyikan notifikasi agar tidak menggangu aktifitas anda saat sedang menggunakan iPhone.

Namun, tidak semua fitur baru terbaik di iOS 15 terlihat jelas, masih banyak yang tersembunyi. Saya akan menjelaskan kepada anda melalui beberapa fitur yang kurang dikenal di iOS 15, termasuk cara menggunakan kamera Anda untuk bisa scan teks secara langsung.

10 fitur tersembunyi di iOS 15


1. Kamera Bisa Digunakan Untuk Scan Teks


Mungkin saja dulu anda pernah berharap dapat mengarahkan kamera iPhone Anda selembar kertas yang ada tulisan panjang dan kalian ingin membuatnya secara otomatis ter salin ke iPhone kalian ? Dengan iOS 15, anda bisa melakukan itu, keren kan ?

Untuk menggunakan alat "scan teks" di iOS 15, arahkan kamera ke kertas yang terdapat tulisan, tekan & tahan di area teksnya seolah-olah anda seperti ingin salin tulisan tersebut. Tapi itu untuk iPhone lama, untuk iPhone terbaru, Anda sekarang bisa melihat tombol scan teks nya langsung. Anda mungkin juga melihat tombol yang hanya menggunakan ikon scan, yang terlihat seperti selembar kertas dengan tanda kurung di sekelilingnya ( beda versi iOS juga pasti agak berbeda iconnya )

Klik icon scan, lalu arahkan kamera anda ke apa pun yang ingin Anda pindai, lalu ikuti petunjuk di layar. Misalnya, jika Anda menggerakkan kamera terlalu cepat, Anda akan melihat pesan "Perlambat" di layar

Saat Anda mengatur kamera dan teks dengan tepat, Anda akan melihat pratinjau langsung dari teks yang diidentifikasi iPhone Anda dan siap untuk ditempatkan di dokumen. Ketuk tombol Sisipkan saat ingin menyimpan nya.

2. Salin Teks Dari Screenshot

Kelebihan iOS 15 lainnya tidak hanya bisa salin teks dari kamera, tapi anda juga bisa salin teks dari gambar yang kalian screenshot. Ini tentu nya fitur yang benar-benar membantu saat anda membutuhkan tulisan tersebut.

Caranya, kalian bisa kunjungi situs apa saja di google atau cari gambar yang ada tulisannya. Screenshot gambar tersebut lalu tekan tombol scan yang ada di kanan bawah. Secara otomatis iPhone akan mendeteksi semua huruf atau kalimat yang ada di screenshot tersebut.

3. Terjemahkan Teks Secara Langsung Tanpa Aplikasi


Apple memperkenalkan fitur ini kembali seperti yang sudah ada di iOS 14, dan meskipun hanya dapat menerjemahkan ke 11 bahasa saja, itu menurut saya sangat terbatas, tapi fitur terjemahan tersebut telah di perbanyak di iOS 15.

Jika Anda tidak ingin menggunakan aplikasi Terjemahan manual, Anda bisa blok teks yang ingin di terjemahkan kemudian Anda akan melihat alat opsi pilihan seperti salin, tempel, potong & terjemahan. Sekarang anda bisa langsung terjemahkan kalimat yang anda blok tersebut.

ios 15

Sebenarnya fitur ini sudah ada juga di Android. Saya juga tidak tahu mana yang terlebih dahulu merilis fitur ini, tapi yang jelas saya baru tahu semenjak saya menggunakan iOS 14 :d.

4. Bisa Ubah Ukuran Font di Aplikasi Tertentu


Dulu sebelum update, anda bisa mengubah ukuran font seluruh sistem agar sesuai dengan keinginan dan kebutuhan anda. Tetapi dengan iOS 15, ada alat baru yang memungkinkan Anda mengubah ukuran font berdasarkan aplikasi tertentu saja. Itu berarti Anda dapat memiliki aplikasi facebook & Instagram dengan ukuran Font masing-masing.

Untuk menggunakan fitur ini, buka Pengaturan, lalu buka Pusat Kontrol dan scroll ke bawah hingga Anda menemukan opsi "Ukuran Teks" dengan mengetuk tanda (+) berwarna hijau.

iOS 15

Lalu Anda pilih aplikasi yang ingin anda ubah ukuran font nya kemudian buka Pusat Kontrol dan ketuk tombol Ukuran Teks. Geser tombol di bagian bawah layar ke sisi kiri untuk menunjukkan bahwa Anda hanya ingin perubahan diterapkan pada aplikasi yang anda pilih tadinya, lalu sesuaikan ukuran font ke atas atau ke bawah.

5. Bisa Buka Face Unlock saat mengenakan Masker & Kacamata.


Salah satu hal yang membuat frustrasi ketika mengenakan penutup wajah di depan umum saat menggunakan iPhone yang memiliki teknologi ID Wajah Apple adalah ketidakmampuan untuk membuka kunci telepon. Karena setengah dari wajah Anda tertutup, jadinya ID Wajah tidak berfungsi. 

Tapi sekarang Anda memiliki opsi untuk mengaktifkan fitur buka kunci wajah yang membuatnya sangat mudah untuk membuka kunci iPhone saat wajah Anda tertutup (tapi ini berfungsi selama Anda memiliki Apple Watch)

Setelah Apple Watch di sandingkan dengan iPhone anda, buka aplikasi Pengaturan di iPhone, lalu buka opsi ID Wajah & Kode Sandi. Gulir ke bawah hingga Anda menemukan bagian Buka Kunci dengan Apple Watch (Pastikan Apple Watch sudah terhubung), yang di mana Anda dapat mengaktifkan fitur untuk jam tangan apa pun yang ditautkan ke iPhone Anda. keren kan :).

6. Gambar Mengambang


Fitur ini yang paling saya suka dari iOS 15. Yang dimana kita dapat menyeret sebuah gambar ke tampilan aplikasi lain.

Misalnya, anda sedang mencari gambar di google, kemudian anda ingin sambil membuka facebook. Anda bisa seret dan tarik gambar tersebut ke layar utama anda atau langsung ke Facebook. Dengan begit anda bisa sambil memperhatikan gambar tersebut mengambang di layar anda.

7. Ubah Suara Siri


Siri memiliki dua suara baru ketika iOS 14.5 meluncur tahun lalu. Dan untuk pertama kalinya, Siri tidak lagi menggunakan suara wanita secara default. Setelah update iOS baru, Anda akan ditanyai suara Siri mana yang ingin Anda gunakan. Setelah Anda menentukan pilihan, Apple akan mengubah suara Siri di semua perangkat yang terhubung ke ID Apple Anda.

Untuk cara manual nya, Anda dapat memeriksa opsi suara dengan membuka Pengaturan > Siri > Suara Siri. Sekarang anda bisa mendengar suara siri yang tidak menggunakan suara default nya yang mungkin anda cukup bosa dengan suara voice yang seperti itu saja.

8. Bisa menggunakan Kontak Darurat Saat Ingin Atur Ulang Akun


Fitur ini mungkin bagi anda tidaklah penting. Tapi jika suatu saat anda lupa dengan sandi akun anda apakah fitur ini menjadi sangatlah penting ? tentu saja. Untuk berjaga-jaga jika terjadi hal demikian, ada baiknya anda menyimpan terlebih dahulu kontak darurat yang bisa digunakan untuk menghubungi saat mengatur ulang akun.

Caranya, masuk ke Pengaturan > Nama Pengguna (Nama Anda) > Kata Sandi & Keamanan > Pemulihan Akun. Kemudian anda bisa menambahkan kontak darurat anda.

9. Membuka Pesan Notifikasi Tanpa Buka Kunci iPhone


Seperti yang anda ketahui, jika ada notifikasi pesan masuk saat layar sudah terkunci, lalu anda ingin membalas pesan tersebut, pasti anda diharuskan untuk membuka pin atau pola iPhone kalian.

Tapi sekarang Apple sudah mengijinkan membuka notifikasi atau aplikasi pesan tertentu disaat iPhone sudah terkunci. Caranya pergi ke Pengaturan > ID Wajah & Kode Sandi dan masukkan kode sandi Anda saat diminta. Gulir ke bawah hingga Anda melihat bagian "Izinkan Akses Saat Terkunci". Kemudian pilih semua aplikasi yang anda ingin izinkan.

10. Kirim data iCloud Anda ke Orang Lain


Fitur ini memang penting jika suatu saat terjadi hal yang tidak diinginkan. Foto, pesan, catatan, kata sandi, dan informasi penting lainnya tidak harus dikunci selamanya jika hp anda hilang dan dengan begitu, tidak akan ada yang punya akses ke iPhone Anda.

Tapi fitur baru di iOS 15 yaitu "Legacy Contact" memungkinkan Anda memilih kontak apa pun yang tersimpan di ponsel Anda dan memberi mereka akses ke data iCloud Anda jika hp anda hilang.

Untuk mengatur Kontak Yang anda percayakan, buka Pengaturan > Pilih Nama Anda > Kata Sandi & Keamanan > Kontak Lama. Selanjutnya, ketuk Tambahkan Kontak Lama (dua kali), masukkan kredensial Anda dan pilih seseorang dari kontak Anda. Apple akan membuat kunci akses, yang akan dibutuhkan kontak Anda untuk mengakses data Anda.

Catatan: Fitur ini ada di iOS 15.2, yang saat ini hanya tersedia untuk pengembang

Post a Comment

© Ananda Larasati. All rights reserved. Developed by Jago Desain
Ngô Vi Minh Hiếu