kuchink

Cara Hapus Pesan Teks Secara Permanen di iPhone

Begini cara menghapus pesan di iphone secara permanen

Cara Hapus Pesan Teks Secara Permanen di iPhone

Menghapus pesan teks di iPhone Anda mungkin tampak seperti tugas yang sangat mudah, akan tetapi, tahukah anda kalau menghapus pesan di iPhone tidak membuatnya hilang secara permanen ?

Di versi iOS yang lebih lama, pesan teks yang dihapus tidak sepenuhnya terhapus dari iPhone, dan pesan itu akan tersedia untuk dilihat langsung di dalam Pencarian Spotlight. Seiring waktu, iOS menjadi lebih baik dalam mengelola data yang dihapus, jadi masalah ini tidak berlanjut di versi terbaru sistem operasi seluler Apple. Jadi jika Anda ingin mmenghapus pesan teks secara permanen, upgrade versi iOS adalah yang terbaik.

Tetapi walaupun di iOS terbaru anda telah menghapus pesan tersebut, SMS, MMS, dan iMessage yang dihapus dapat ditemukan di file cadangan iCloud Anda, file cadangan iTunes, dan bahkan bersembunyi di aplikasi Pesan di komputer Mac Anda. Jadi untuk benar benar menghapusnya secara permanen, mungkin disini saya akan memberikan tips nya.

Teks vs iMessages

IPhone Anda mendukung banyak teknologi di aplikasi Pesannya, belum lagi di aplikasi perpesanan pihak ketiga lainnya. Untuk panduan ini, saya hanya akan fokus membahas pada aplikasi Pesan Apple.

Pesan dalam kotak hijau di aplikasi Pesan adalah pesan teks SMS yang Anda kirim ke nomor telepon yang tidak terkait dengan ID Apple, seperti ke orang dengan ponsel Android. Teks adalah apa yang dapat dikirim dan diterima oleh semua tipe hp dan sebagian besar ponsel, dan termasuk teks MMS, yaitu, teks multimedia dengan gambar dan video juga.

Pesan dalam kotak biru di app Pesan adalah iMessages, dan hanya tersedia untuk dikirim dan diterima di antara perangkat Apple yang terkait dengan ID Apple saja. iMessages bekerja melalui internet, yang memungkinkan mereka memiliki lebih banyak kemampuan daripada teks, seperti efek Gelembung, Layar, dan Tapback Apple. Namun, jika tidak ada Wi-Fi atau koneksi data seluler, iMessages tidak dapat dikirim.

Anda dapat mengirim dan menerima teks di iPad, iPod touch, dan Mac, tetapi teks tersebut harus dikaitkan dengan iPhone yang mengaktifkan "Penerusan Pesan Teks". Jika Anda memiliki perangkat Apple tetapi bukan iPhone, perangkat tersebut tidak akan menerima teks, tapi hanya iMessages.

1. Cara Menghapus Pesan Teks di Cadangan iPhone Anda

Untuk memastikan pesan Anda hilang selamanya, Anda mungkin harus melihat ke data yang bahkan mungkin tidak ada di iPhone Anda (cadangan data). Cadangan pesan yang lebih lama masih dapat menyimpan salinan pesan teks yang Anda hapus, jadi jika Anda memulihkan iPhone dengan salah satu cadangan tersebut, Anda juga akan memulihkan pesan tersebut.

Menghapus Cadangan iCloud yang Menyimpan Pesan Lama

Icloud memang memberikan banyak keuntungan bagi yang membutuhkan jasanya. Pasalnya jika sewaktu waktu data penting di iPhoneanda terhapus, anda bisa mengembalikannya kapan saja. Namun tidak bagi pesan teks, yang dimana mungkin saja anda menyimpan pesan yang tidak ingin orang lain tahu dan anda benar benar ingin menghapusnya secara permanen.

Jika Anda merasa bahwa cadangan iCloud Anda menyimpan pesan teks yang tidak ingin anda simpan, mudah untuk memastikannya hilang selamanya. Di iPhone Anda, lakukan cara ini:
  1. Buka aplikasi "Pengaturan" dan pilih opsi "Umum".
  2. Pilih "Penyimpanan & Penggunaan iCloud," lalu "Kelola Penyimpanan" di bawah bagian iCloud.
  3. Pilih perangkat yang ingin Anda hapus di bawah "Cadangan".
  4. Gulir ke bagian bawah halaman dan tekan "Hapus Cadangan."
  5. Ketuk "Matikan & Hapus" dan cadangan akan dihapus.
Anda juga dapat membuka bagian Kelola penyimpanan Penyimpanan di iOS 10.3 atau versi iOS yang lebih tinggi dengan mengetuk nama Anda di bagian paling atas di Pengaturan, lalu pilih  iCloud -> Penyimpanan -> Kelola Penyimpanan.

Anda juga dapat menghapus cadangan iPhone di iCloud dari macOS. Untuk caranya:
  1. Klik logo Apple di bilah menu, lalu pilih "System Preferences."
  2. Klik "iCloud" dan kemudian "Kelola."
  3. Di sebelah kiri, klik "Cadangan".
  4. Dari daftar, pilih iPhone Anda, lalu klik "Hapus."

Menghapus Cadangan iTunes yang Mengandung Pesan Lama

Jika Anda adalah seseorang yang tidak memiliki cukup penyimpanan iCloud untuk mencadangkan ke cloud, mungkin Anda telah membuat cadangan di iTunes. Jika cadangan itu berisi pesan yang tidak ingi anda simpan, berikut cara menghapusnya:
  1. Buka iTunes.
  2. Klik "iTunes" di bilah menu, lalu "Preferensi."
  3. Klik pada "Perangkat." Anda akan melihat daftar semua perangkat dengan cadangan yang tersimpan di komputer Anda.
  4. Klik pada cadangan yang ingin Anda hapus.
  5. Klik "Hapus Cadangan" di sudut kanan bawah.
  6. Pada jendela konfirmasi pop-up, tekan "Hapus," lalu tekan "OK" untuk keluar dari preferensi.

Menyinkronkan iPhone Anda dengan iTunes untuk Menimpa Cadangan Lama

Jika Anda menyimpan cadangan iTunes tetapi tidak ingin menghapusnya dan membuat cadangan baru dari awal, Anda tetap ingin pesan yang dihapus di iPhone Anda dihapus dari file cadangan. Ini tidak akan terjadi sampai Anda menyelaraskan dengan iTunes.

Saat Anda mencolokkan iPhone ke komputer dan membuka iTunes, ini akan terjadi secara otomatis. Jika tidak, Anda hanya perlu mengklik tombol "Sinkronkan" atau "Cadangkan Sekarang" di halaman Ringkasan iPhone. iTunes kemudian akan menghapus semua teks yang dihapus dari file cadangan saat memperbaruinya.

Jika Anda ingin keamanan ekstra pada cadangan Anda, pilih "Enkripsi cadangan iPhone." Ini mempersulit orang lain yang meminjam iPhone anda untuk melihat informasi Anda karena kunci akan diperlukan untuk mengakses database pesan di file cadangan. Tanpa opsi ini dipilih, file database itu dapat dengan mudah dilihat oleh siapa saja yang memiliki akses ke sana. Perhatikan bahwa enkripsi memerlukan kata sandi utama, dan jika Anda lupa kata sandi ini, Anda tidak akan dapat mengakses cadangan Anda.

Post a Comment

© Ananda Larasati. All rights reserved. Developed by Jago Desain
Ngô Vi Minh Hiếu