kuchink

4 Cara Membuka Aplikasi Kaca Pembesar Yang Tersembunyi di iPhone

Cara Membuka Aplikasi Kaca Pembesar di iPhone

Cara membuka kaca pembesar di iphone

IPhone sebenarnya telah menambahkan fitur kaca pembesar sejak iOS 10. Namun, tetap relatif tidak jelas sampai iOS 14 ketika menerima peningkatan yang signifikan seperti antarmuka baru, kontrol yang dapat disembunyikan, bilah alat yang dapat disesuaikan, manajemen filter yang ditingkatkan, multi -pemotretan gambar, dan deteksi orang. Tetapi salah satu hal terbaik tentang pembaruan adalah Anda dapat membukanya dengan lebih mudah.

Fitur aksesibilitas sangat berguna bagi orang-orang dengan masalah penglihatan yang perlu memperbesar item sehari-hari untuk melihatnya lebih baik. Bahkan jika Anda tidak memiliki masalah penglihatan, Magnifier (kaca pembesar) ini berguna untuk melihat sesuatu dari jauh. Misalnya, anda ingin membaca tulisan diatas bangunan yang jaraknya cukup jauh dari tempat anda, maka menggunakan kaca pembesar ini adalah solusi-ya.

Dulu anda hanya dapat membuka alat Magnifier menggunakan Pintasan Aksesibilitas, di mana Anda cukup mengklik tiga kali tombol home atau Samping untuk mengaksesnya, atau tombol Pusat Kontrol opsional. Cara-cara itu masih ada dan pasti berguna, tetapi sejak iOS 14, saya telah menemukan setidaknya 4 opsi lagi untuk membuka fitur kaca pembesar, banyak di antaranya bisa membuat lebih nyaman.

Aktifkan Kaca Pembesar Sebelum Anda Mulai

Jika Anda menggunakan iOS 15, Anda bisa langsung baca opsi nomor1 dibawah karena fitur Kaca Pembesar sudah aktif secara default, dan Anda dapat menggunakan ke 6 metode untuk mengakses fitur kaca pembesar. Untuk iOS 14 kebawah, sebelum Anda menggunakan sebagian besar opsi di bawah ini, Anda harus mengaktifkan fitur Magnifier terlebih dahulu. Untuk melakukannya, buka Pengaturan -> Aksesibilitas -> Magnifier (Kaca Pembesar), lalu geser tombol menjadi aktif.

kaca pembesar iphone

6 Cara Membuka Aplikasi Kaca Pembesar di iPhone


1. Tekan Tiga Kali Tombol Power

Cara pertama untuk membuka Kaca Pembesar adalah dengan mengeklik tiga kali tombol power yang ada di Samping iPhone Anda. Jika Anda tidak mengaktifkan fitur Aksesibilitas lainnya, mengklik tiga kali Beranda atau Samping akan membuka Kaca Pembesar secara otomatis, selama itu diaktifkan sebagai Pintasan Aksesibilitas.

Jika tidak muncul, buka Pengaturan -> Aksesibilitas -> Pintasan Aksesibilitas dan pilih "Pembesar." Perhatikan bahwa Magnifier perlu diaktifkan terlebih dahulu di iOS 14, seperti yang sudah saya jelaskan diatas. Jika anda menggunakan iOS 15 sudah pasti bisa.

2. Menggunakan Pusat Kontrol

Cara lain untuk mengakses Magnifier dengan cepat telah ada sejak iOS 11  yaitu di Pusat Kontrol. Metode ini tidak mengharuskan Magnifier diaktifkan terlebih dahulu.

Untuk menambahkan kontrol, buka Pengaturan -> Pusat Kontrol. Selanjutnya, gulir ke bawah dan ketuk tombol plus (+) hijau di sebelah Kaca Pembesar untuk memindahkannya ke daftar Kontrol yang Disertakan. Jika Anda ingin memindahkan lokasi kontrol Kaca Pembesar di Pusat Kontrol, tekan ke bawah dan seret ke tempat barunya.

Kemudian usap ke atas / bawah di layar utama anda untuk membuka pusat kontrol. Jika sudah terbuka, silahkan coba buka aplikasi kaca pembesar yang sudah anda tambahkan tadinya.

3. Gunakan Ikon Aplikasi Tersembunyi dari Perpustakaan Aplikasi

Jika Anda menggeser ke kiri di sisi paling kanan layar Utama, berarti Anda akan membuka Perpustakaan Aplikasi. Di sini, Anda dapat menelusuri Kaca Pembesar atau mencarinya melalui kotak pencarian. Di iOS 15, Anda akan melihatnya tanpa harus mengaktifkannya terlebih dahulu d pengaturan, tetapi di iOS 14, Anda harus mengaktifkan Magnifier di pengaturan Aksesibilitas terlebih dahulu sepertu yang sudah saya jelaskan diatas.

4. Gunakan Ikon Aplikasi Tersembunyi di Layar Utama

Jika Anda menjalankan iOS 14, ikon aplikasi tersembunyi untuk Magnifier akan muncul dengan sendirinya di layar Utama setelah mengaktifkan fitur di Pengaturan, jadi pastikan alat aksesibilitas diaktifkan. (Ini sudah diaktifkan di iOS 15.) Untuk membuka Magnifier, cukup ketuk ikon aplikasinya.

Jika Anda tidak melihat ikon aplikasi Kaca Pembesar di mana pun di layar Utama, Anda dapat menemukannya di Pustaka Aplikasi. Anda juga dapat membuka Magnifier dari App Library jika menurut Anda itu adalah metode yang cepat. Jika Anda ingin akses yang lebih cepat, Anda dapat menambahkannya ke layar Beranda Anda. Geser ke kiri di layar Utama Anda hingga Anda mencapai Perpustakaan Aplikasi, temukan Kaca Pembesar di perpustakaan, lalu tekan ke bawah dan seret ke layar Utama Anda.

Penutup: Sebenarnya masih banyak cara untuk membuka fitur Magnifier di iPhone anda. Saya hanya menunujukan cara yang mudah karena masih banyak yang belum tahu fitur iOS satu ini yang sangat banyak kegunaannya. Terutama untuk mereka yang mengalami masalah dalam penglihtan, tentu saja fitur ini sangat berguna.

Post a Comment

© Ananda Larasati. All rights reserved. Developed by Jago Desain
Ngô Vi Minh Hiếu