kuchink

PS5 Macet Saat Main Game ? Ini Penyebab & Solusi Untuk Memperbaikinya

Cara Perbaiki PS5 Yang Macet Saat Bermain game

Cara memperbaiki ps5 yang sering macet

Kehadiran Playstation 5 memang cukup membuat banyak pecinta game versi playstation. Dengan tampilan lebih nyata dan kualitas gambar super HD membuat PS5 dijual dengan harga tinggi. Namun, masalah harga yang mahal tidak menjamin ps5 anda terhindar dari masalah. Masalah itu sendiri seperti macet disaat bermain game, macet disaat loading pembuka, macet disaat baru dinyalakan.

Masalah seperti ini umumnya dapat disebebakan oleh beberapa faktor, bisa jadi karena sistem ps5 anda yang mulai error, atau bisa jadi karena kesalahan anda sendiri dalam menyeting pengaturan game sehingga anda tidak menyadari beberapa kesalahan yang terjadi.

Seperti yang pernah saya alami, masalah crash dan crash PS5 ditemui di game seperti Spider-Man Remastered, Marvel's Spider-Man: Miles Morales, Returnal, Call of Duty Cold War dll. Namun tidak menentu, ada beberapa game lain juga yang mungkin anda alami kemacetan saat menjalankannya. Untuk masalah ini, akan saya bahas penyebab dan solusinya dibawah ini.

Penyebab PS5 Macet Saat Bermain Game

Mode Istirahat di Konsol PS5

Salah satu alasan utama di balik PS5 Terus Crashing atau Masalah Crashing adalah Mode Istirahat Diaktifkan di Konsol PS5. Di PS5, mode tidur diaktifkan secara default, tetapi ini menyebabkan masalah bagi sebagian besar gamer. Jadi anda harus me-nonaktifkan mode tidur untuk memperbaiki masalah.

Firmware PS5 Kedaluwarsa

Penyebab lain yang mungkin adalah firmware PS5 kedaluwarsa dan menyebabkan masalah saat menjalankan game dalam grafik tinggi. Memperbarui firmware PS5 mungkin berhasil untuk PS5 Anda.

Kabel Power PS5 Rusak

Terkadang masalah atau kode daya yang rusak menyebabkan catu daya menjadi tidak stabil dan menyebabkan masalah crash atau macet di PS5.

Game Bermasalah

File game yang rusak saat menginstal game dapat menjadi penyebab masalahnya, jadi coba instal ulang game dengan versi berbeda.

Sekarang setelah Anda mengetahui penyebab umumnya, dalam postingan ini Anda akan mendapatkan sedikit informasi tentang cara memperbaiki ps5 anda jika memang kendala ps5 anda ada dalam daftar yang saya sebutkan diatas.

Cara memperbaiki PS5 yang Macet

1. Nonaktifkan Mode Tidur

Untuk memperbaiki PS5 yang sering macet, Anda perlu menonaktifkan mode tidur. Ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk menonaktifkannya.

Buka Pengaturan PS5 dan kemudian pilih Hemat Daya > Mode Tidur .
Sekarang pilih opsi Don't put the Rest Mode untuk menonaktifkannya.

2. Restart PS5 Anda

Cara ini adalah yang terbaik dalam menangani masalah apapun yang terjadi pada barang elektronik seperti ponsel, laptop, dan PS. Karena setiap masalah macetnya mesin dapat diatas dengan me-restartnya saja. Dengan merestart, perangkat akan memula ulang aktivitas baru sehingga mencoba untuk menjalakan aktivitas biasa. Untuk itu, Anda harus menekan tombol daya yang ada di bagian depan konsol PS5.

3. Bangun Kembali Basis Data PS5

Membangun kembali database adalah salah satu solusi terbaik untuk memperbaiki macet nya PS5 . Fitur pembuatan kembali basis data memindai seluruh hard drive dan kemudian membuat basis data baru untuk semua konten & proses ini memakan waktu karena tergantung pada jumlah dan jenis item data Anda.
  • Hubungkan PS5 DualSense Controller Anda dengan kabel USB lalu tekan tombol PS yang ada di controller untuk memasangkannya.
  • Terus tekan tombol daya sampai Anda mendengar bunyi bip waktu 2 kali. Setelah itu, Anda akan melihat bahwa ps akan boot ke Safe Mode.
  • Kemudian pilih opsi “ Rebuild Database ”.
Jika cara diatas masih saja belum memecahkan masalah, anda dapat melakukan cara dibawah ini.

4. Periksa Kabel Daya PS5

Jika Anda memiliki masalah catu daya mengambang, maka jelas akan mengalami masalah PS5 yang macet . Jadi, untuk memperbaikinya, Anda perlu segera memeriksa kabel listrik AC PC5 apakah berfungsi dengan baik atau tidak.

Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti:
  • Matikan PS5.
  • Kemudia cabut kabel listrik AC untuk memeriksa apakah rusak atau putus. Jika ditemukan rusak, ganti dengan yang baru.
  • Jika memang masih normal, tunggu beberapa menit setelah itu tancapkan kembali kabel power ke PS5.
  • Nyalakan Kembali PS5.
Periksa apakah masalah PS5 yang macet sudah teratasi atau belum. Jika memang belum anda bisa mencoba menggunakan cara lain dibawah ini.

5. Perbarui Sistem Perangkat Lunak PS5

Seperti yang saya katakan di atas, jika perangkat lunak sistem PS5 Anda sudah usang, itu juga dapat menyebabkan masalah saat menjalankan game dengan grafik tinggi. Memperbarui Perangkat Lunak juga untuk memperbaiki berbagai bug crash, apalagi Sony merilis fitur baru pembaruan perangkat lunak. menginstal perangkat lunak terbaru lebih stabil dan aman daripada yang lama. Ikuti petunjuk dibawah ini untuk memperbarui perangkat lunak ps5 anda.
  • Cara Perbarui Sistem Perangkat Lunak PS5

6. Instal Ulang Firmware PS5

Jika memperbarui perangkat lunak sistem PS5 tidak berhasil untuk Anda, coba lakukan instalasi bersih sistem perangkat lunak PS5 menggunakan opsi Safe Mode (Instal Ulang Perangkat Lunak Sistem).

CATATAN: Menginstal ulang perangkat lunak sistem akan menghapus semua data simpanan PS5 anda, semuanya akan dihapus dengan melakukan instalasi bersih, jadi pastikan untuk membuat cadangan file game Anda terlebih dahulu.

Ikuti petunjuk dibawah ini untuk mencadangkan data PS5 Anda dan menginstalnya kembali:
  • Pertama, sambungkan hard drive eksternal agar memiliki ruang yang cukup, lalu klik Pengaturan > Sistem > Perangkat Lunak Sistem. Selanjutnya klik Backup & Restore dan kemudian Backup PS5 Anda untuk mencadangkan semua data konsol data PS5 Anda.
  • Setelah berhasil mencadangkan data, sambungkan USB flash drive ke PC Windows (komputer), lalu format.
  • Kemudian buat folder bernama PS5, dan di dalam folder buat folder PS5 buatlagi folder dengan nama folder UPDATE.
  • Kemudian kunjungi Halaman Pembaruan Perangkat Lunak Sistem PS5 untuk mendownload perangkat lunak. Jika sudah terdownload, simpan file tersebut kedalam folder UPDATE yang sudah anda buat tadi.
  • Selanjutnya colok USB atau flash disk di PS5 setelah itu boot dalam mode aman.
  • Pilih opsi Reset PS5 (Reinstall System Software) dan Update USB Storage Device, lalu klik OK.
Semoga dengan cara mengupdate firmware ps5 anda dapat megatasi masalah yang ada.

7. Instal ulang game tertentu

Jika Anda mendapatkan masalah crash atau crash PS5 ini saat memainkan game tertentu, itu berarti masalahnya ada pada pengaturan game.

Anda dapat memperbaikinya dengan menghapus atau menginstal ulang game tertentu. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti:
  • Buka layar Beranda game dan kemudian pilih opsi "Pelaporan masalah" .
  • Tekan tombol Opsi lalu tekan tombol Hapus , ini akan menghapus game yang bermasalah itu.
  • Setelah menghapus game, unduh dan instal ualng game & luncurkan game untuk memeriksa apakah masalah macet di PS5 Anda sudah diperbaiki atau belum.
Silahkan berikan komentar anda dibawah jika msalah anda sudah terselesakan atau belum. Terkadang masalah yang timbul pada PS5 dapat disebabkan karena perangkat lunak yang sudah usang atau bisa jadi karena kesalahan dalam menyeting PS. Oleh karena itu, mungkin langkah diatas dapat membantu menyelesaikan masalah anda.

Post a Comment

© Ananda Larasati. All rights reserved. Developed by Jago Desain
Ngô Vi Minh Hiếu