kuchink

Cara Mengatasi Delay Gyroscope PUBG di Semua Hp Android

Solusi agar gyroscope lancar

Cara ampuh mengatasi giroskop yang lambat

Gyroscope sangat berpengaruh dengan hasil gameplay kita di aplikasi PUBG mobile, terutama bagi kalian yang menggunakan gyro. Gyroscope dapat membantu kita mengarahkan aim tanpa harus menggeser kamera.

Gyroscope juga memiliki peran penting dalam mengatur aim. Contohnya pada saat ingin menembak musuh, gyroscope dapat menahan recoil agar semakin lurus. Itulah peran penting gyroscope jika kalian menggunakan fitur ini disaat bermain PUBG Mobile.

Berbicara masalah gyroscope yang delay, ini sudah pasti dialami oleh banyak orang termasuk saya sendiri dulunya. Terutama para pengguna smartphone dengan spek rendah. Gyroscope sangat berpengaruh pada device yang kalian pakai saat ini.

Penyebab Gyroscope Delay di Pubg Mobile

Sebenarnya bukan hanya untuk game pubg mobile saja jika memang gyroscope kalian terasa lambat atau delay. Semua game yang memiliki fitur gyroscope akan terlihat lambat jika memang delaynya berasal dari device kalian sendiri.

Chipset Device Rendah

Pada dasarnya, hal utama yang membuat gyroscope kalian terasa delay itu adalah pengaruh dari chipset hp kalian. Chipset memiliki fungsi penting dalam mengontrol kecepatan performa device. Sehingga jika memang device kalian memilki chipset yang kecil, sudah dipastikan gyroscope akan terasa delay (lambat)

Jenis Chipset Yang Gyroscope-nya Delay

Chipset yang dapat membuat gyroskop terasa lambat sesuai pengalaman saya adalah Snapdragon 662 kebawah. Pada saat itu saya menggunakan device POCO M3 yang dimana gyroscope terasa sangat delay parah. Tapi saya ingin garis bawahi dulu, disini saya tidak menjatuhkan produk poco, tapi memang kenyataan nya begitu.

Berikut adalah daftar chipset yang delay sesuai pengalaman saya bermain game:
  • Snapdragon 662
  • Snapdragon 665 ( Bisa diperbaiki )
  • Helio G70
  • Helio G80 ( Bisa diperbaiki )
Ini sesuai pengalaman saya saja. Saya tidak menghakimi kumpulan chipset diatas apalagi jika chipset diatas memang kalian pakai di smartphone kalian. Ini sesuai pengalam saja.

Apakah RAM Mempengaruhi Kinerja Gyroscope ?

Tidak ada pengaruhnya sama sekali. RAM hanya berfungsi untuk menyimpan file-file serta ruang penyimpanan data aplikasi saja. Karena pada dasarnya, ram 3 GB saja masih bisa untuk memainkan game PUBG. Misalnya hp kalian memiliki RAM sebesar 8 Gb, tapi gyroscope nya delay ? ya betul saja. Karena percuma memiliki RAM yang besar tapi jika chipset nya kecil maka performa tetap menurun.

Catatan: Kecil atau besarnya RAM, tidak ada pengaruh dengan gyroscope.

Cara Mengatasi Gyroscope Yang Lambat

Sebenarnya ada beberapa solusi ampuh yang dapat membuat performa gyroskop dapat pulih seperti layaknya gyroscope normal. Seperti yang sudah saya katakan diatas, untuk snapdragon 665 & helio g80 masih ada harapan untuk diperbaiki agar gyroskopnya normal. Coba lakukan hal dibawah ini untuk kalian yang menggunakan Snapdragon 665 & Helio G80

1. Perbarui OS Android

Masih ada harapan untuk kedua snapdragon ini untuk memulihkan delay gyroskope yaitu dengan meperbarui versi android ke versi terbaru. Bisa saja android kalian belum mendapatkan upgrade terbaru dari produk device yang kalian pakai.

OS Android yang kadaluarsa akan membuat kinerja smarphone kalian menjadi lambat. Dengan adanya fitur upgrade manual atau otomatis yang diberikan oleh produk device kalian melalui pengaturan pembaruan.

Cara Perbarui OS / Versi Android

Pergi ke Pengaturan > Sistem > Pembaruan Sistem. Kalian bisa cek pembaruan android kalian melaui ini. Jika memang pembaruan versi telah tersedia, kalian bisa langsung download decara manual. Ukurannya besar bisa mencapai 3GB, tergantung kebutuhan yang disediakan. Cara ini suah dipasikan membutuhkan kuota internet & pastikan ponsel kalian memiliki daya baterai diatas 50% untuk bisa melakukan pembaruan OS.

2. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Untuk kalian yang memang sudah tidak ada cara untuk membuat gyroscope yang delay menjadi lancar itu jangan panik. Masih ada cara lain yaitu dengan bantuan aplikasi pihak ketiga. Aplikasi ini bisa kalian pakai untuk semua hp yang gyroskope nya terasa lambat.

Dengan menggunakan aplikasi ini akan membantu gyroscope yang delay menjadi lancar seperti biasa. ada beberapa aplikasi yang saya rekomendasikan dibawah ini. Cocok juga untuk device yang memiliki RAM kecil. Itu artinya tidak akan memakan ruang penyimpanan data yang banyak.

Aplikasi Percepat Gyroscope

Kelebihan Menggunakan Aplikasi Percepat Gyro

Bisa digunakan untuk semua tipe hp android. Ukurannya juga kecil sehingga hp yang memiliki ram rendah juga bisa menikmati aplikasi ini.

Kekurangan Menggunakan Aplikasi Percepat Gyro

Dibalik kelebihan pasti ada kekurangan nya juga. Kekurangan menggunakan aplikasi pihak ketiga ini yaitu dapat memuat Hp menjadi cepat panas & boros baterai. Karena aplikasi ini akan tetap berjalan untuk mendorong kinerja gyroscope disaat kalian sedang bermain game.

Itulah cara mengatasi gyroscope yang delay saat bermain game. Karena pada dasarnya, spek device sangat berpengaruh penting terhadap performa bermain game. Itulah sebabnya banyak yang memilih hp gaming jika memang ingin menjadi seorang gamers atau mungkin ingin menjadi public figur yang mempertontonkan gameplay mereka di media sosial.

Namun jika memang budget kalain kurang atau mungkin bermain game hanya untuk mengisi waktu luang, tidak perlu membeli hp mahal. Cukup menggunakan cara diatas agar gyrocope kalian menjadi lancar.

Post a Comment

© Ananda Larasati. All rights reserved. Developed by Jago Desain
Ngô Vi Minh Hiếu