kuchink

Semua Error Code PS4 Jenis CE & Solusi Untuk Memperbaikinya

Kumpulan kode kesalahan PS4 Jenis CE

error code ps4

Dalam artikel hari ini Anda akan mengetahui semua error code (kode kesalahan) PS4 jenis CE dan akan saya sertakan Solusi untuk memperbaikinya. Terlepas dari model PS4 yang saya miliki seperti yang Slim & Pro, kode kesalahan yang saya lihat ternyata sama saja. Kode-kode kesalahan ini dapat disebabkan oleh konsol itu sendiri yang tidak berfungsi, masalah dengan game, koneksi internet, atau dengan akun kita sendiri.

Saya akan menunjukkan kepada Anda di bawah ini apa arti dari setiap kemungkinan error code yang pernah saya temukan di PS4 saya dan bagaimana mengatasinya.

Semua Error Code (Kode Kesalahan) PS4 & Solusinya

Semua kesalahan yang bisa kita lihat di PS4 membawa awalan yang bisa menjadi salah satunya: CE, E, NW, SU, WV, WS, WC dan NP. Awalan ini menunjukkan sumber kesalahan, yang dapat memberi kita gambaran tentang penyebab terjadinya error code tersebut. Berikut adalah ciri-ciri penyebab kode kesalahan tersebut:
  • Error Code CE:  Kesalahan Umum
  • Error Code E:  Kesalahan Eksternal
  • Error Code NW:  Kesalahan Perpustakaan Kode Kesalahan
  • Error Code SU:  Kesalahan Pembaruan Sistem
  • Error Code WV & WS:  Kesalahan Versi atau Kesalahan Koneksi Web untuk layanan tertentu seperti
  • Error Code  NP:  Server jaringan 
  • Error Code WC & error lainnya: kesalahan terkait PlayStation Store dan lainnya.

Solusi umum untuk masalah utama PlayStation 4 (PS4)

Pertama-tama kita akan melakukan pencarian kesalahan yang ditunjukkan pada PS4 kita dalam daftar artikel berikut untuk dengan mudah dan cepat menentukan alasan dan solusinya, sebenarnya ada solusi umum tertentu untuk beberapa masalah utama. saya hanya bisa memebantu memberikan solusi untuk menangani masalah seperti :

Perbarui Versi Firmware

Versi firmware yang ketinggalan zaman dari televisi atau konsol game dapat menyebabkan kesalahan tertentu karena kurangnya audio, video, atau bahkan koneksi Internet jika Anda menggunakan Smart TV.

Periksa port HDMI

Penting untuk memeriksa status port HDMI dan kabel konsol dan TV anda. Lakukan pengecekan secara rutin & jangan tunggu disaat rusak baru anda periksa.

Cek Kesehatan Hardisk

Tak perlu dikatakan lagi bahwa kegagalan disk atau kabel yang tidak terhubung dengan baik dapat menyebabkan masalah pada PS4 kami. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk melakukan verifikasi jenis ini sebelum melakukan hal lain.

Periksa Status Power Suply

Untuk mengecek ini, anda dapat mencoba mengetuk tombol daya di konsol selama beberapa detik atau hingga sistem berbunyi bip dua kali dan mati. Selanjutnya cabut kabel power, pastikan konektor dan kabel sudah benar dan tidak ada kerusakan yang terlihat.

Lakukan Reset Pabrik

Jika salah satu pemeriksaan sebelumnya atau solusi yang ditunjukkan untuk salah satu kesalahan PS4 yang tercantum di bawah ini tidak memberi kami solusi untuk masalah, anda dapat mencoba mengembalikan pengaturan konsol ke pengaturan pabrik.

Sebenarnya ini adalah solusi yang akhir jika masalah ps4 anda belum terselesaikan. Anda tidak punya pilihan selain mempertimbangkannya. Karena, anda harus tahu bahwa memulihkan PS4 dengan melakukan apa yang dikenal sebagai reset pabrik ini menyiratkan penghapusan total hard drive konsol. 

Oleh karena itu, pertama-tama anda harus membuat cadangan segala sesuatu yang anda tidak ingin kehilangan selama proses tersebut. Setelah ini selesai, untuk mengembalikan data pabrik, mengikuti langkah-langkah berikut:
  • Nyalakan konsol
  • Masukkan profil Anda
  • Masuk ke pengaturan
  • Di dalam opsi konfigurasi dan pilih opsi boot
  • Pilih opsi Boot PS4
  • Pilih metode Lengkap
  • Klik Mulai untuk memulai proses
  • Konfirmasikan dengan mengklik Ya dan tunggu hingga pengaturan pabrik konsol dipulihkan
  • Selama proses, penting untuk tidak mematikan atau melakukan apa pun dengan konsol. Setelah selesai, Anda dapat masuk lagi untuk memulihkan cadangan yang Anda simpan dengan semua data, dan memeriksa apakah kesalahan telah diperbaiki.

Semua Error Code PS4 dan Cara Memperbaikinya

1. Error Code tipe EC: kesalahan tipe umum

Error Code CE-34878-0

Informasi:  Ada kesalahan dengan aplikasi

Ini adalah salah satu kode kesalahan yang paling sering ditemukan di ps4 merk Sony, tetapi kenyataannya adalah bahwa itu tidak memberi Anda banyak petunjuk tentang apa kesalahan sebenarnya dan bagaimana cara memperbaikinya. Haly yang harus lakukan adalah menginstal perangkat lunak sistem terbaru dan pembaruan game. Lalu restart sistem dan periksa apakah masalah telah teratasi atau belum.

Jika sebelumnya anda telah mengubah sistem hard drive, anda harus menginstal ulang hard drive asli. Jika kesalahan terjadi lagi, anda harus membuat cadangan data yang disimpan dan kemudian pergi ke Settings > Initialization > dan pilih opsi Initialize PS4

Error Code CE-36329-3

Informasi: Terjadi kesalahan dengan sistem perangkat.

Untuk memperbaiki kesalahan ini pada PS4 dengan sistem perangkat lunak, anda harus memastikan bahwa anda memiliki versi terbaru dari perangkat lunak sistem yang diinstal. Untuk memeriksanya, buka Settings > System Software Update , pilih opsi dan tunggu hingga sistem dimulai ulang. Jika kami tidak dapat mengakses menu Pengaturan, kami memperbarui sistem dalam Safe Mode.

Jika kesalahan terjadi lagi, cadangkan data yang disimpan dan memulai sistem dari Settings > Startup > Start PS4 atau melalui opsi Safe Mode Option 6. Jika kesalahan berlanjut, Mau tidak mau anda harus menghubungi dukungan PlayStation.

Error Code CE-30002-5

Informasi: Sebuah kesalahan telah terjadi

Jika melihat kode ini saat mencoba menggunakan game yang disimpan di hard drive eksternal, yang harus anda lakukan adalah memformat drive dan mencoba menginstal konten di dalamnya lagi. Jika di sisi lain anda menemukan kode kesalahan ini saat memperbarui perangkat lunak, pergi ke sistem PS4 di bawah Pemberitahuan dan menghapus pemberitahuan pembaruan apa pun. Kemudian matikan sistem Ps4, tekan tombol power sampai mendengar 2 bip.

Sekarang hubungkan pengontrol melalui kabel USB dan menekan tombol PS. Anda bisa memilih opsi, Perbarui perangkat lunak sistem dan kemudian Perbarui dari Internet. Jika kesalahan berlanjut, anda bisa memilih opsi Membangun kembali Database, dan coba lagi.

Jika semua hal di atas tidak menyelesaikan masalah, anda mungkin perlu menginstal perangkat lunak sistem PS4 lagi. Tentu saja, perhatikan baik-baik karena proses ini menghapus semua data yang disimpan, jadi kita harus membuat cadangan semuanya jika kita memilih opsi ini.

Error Code CE-34788-0

Informasi: File pembaruan ini tidak dapat digunakan

Jika file pembaruan tidak dapat digunakan pada perangkat USB, anda harus memastikan bahwa Anda telah mengunduh file yang benar. Anda dapat mengunduh pembaruan terbaru dari halaman perangkat lunak sistem PS4 resmi PC hanya dengan mengklik tombol Unduh Pembaruan yang ditampilkan di bagian atas halaman. Perhatikan bahwa file akan berukuran sekitar 400 MB.

Jika anda mencoba melakukan penginstalan lengkap perangkat lunak sistem, anda harus mengikuti langkah-langkah berikut. Buka halaman yang disebutkan di atas, gulir ke bawah untuk memilih opsi Install system software again dan ikuti langkah-langkahnya dan unduh file instalasi lengkap & ukuran-nya sekitar 1GB.

Error Code CE-300005-8

Informasi: Terjadi kesalahan saat mengakses hard disk atau drive Blu-ray/DVD

Jika anda menemukan kesalahan PS4 yang satu ini, itu semua menunjukkan bahwa sistem kesulitan membaca hard drive atau drive Blu-ray. Oleh karena itu, anda harus mencoba mengekstrak disk sistem dan memeriksa apakah disk tersebut tidak kotor, rusak, atau tergores.

Jika disk dalam kondisi yang benar, anda harus mencoba membangun kembali database sistem menggunakan opsi 5 dalam mode aman. Tetapi jika opsi berlanjut, sistem mungkin rusak dan perlu diperbaiki. Dalam hal ini, yang terbaik adalah menghubungi layanan dukungan PlayStation.

Error Code CE-37732-2

Informasi: File yang diunduh tidak diinstal pada sistem dengan benar. Data mungkin rusak selama pengunduhan

Untuk mengatasi kesalahan ini di PS4, hal pertama yang harus anda lakukan adalah menghapus file yang diunduh dari Notifikasi > Downloads, pilih content, tekan tombol Opsi pada pengontrol dan hapus file. Kemudian kita download kembali file tersebut.

Jika kesalahan terjadi saat mengunduh tambalan untuk sebuah game, maka anda bisa memilih game itu dari menu utama PS4 anda, klik tombol Opsi Kontroler dan pilih opsi Periksa pembaruan.

Jika kode kesalahan CE-37732-2 masih muncul, anda dapat mencoba memulai sistem PS4 dari opsi Settings > Startup > Start PS4 > Fast. Selanjutnya, silahkan coba mengunduh konten lagi.

Dan jika kesalahan berlanjut dan kami baru saja mengubah hard drive untuk konsol game, anda harus memasukkan kembali disk lama dan menginstal ulang perangkat lunak sistem. Setelah kami selesai menginstal ulang, kami akan mencoba mengunduh file lagi dan memeriksa apakah semuanya baik-baik saja.

Error Code CE-32889-0

Informasi: Telah terjadi kesalahan dalam game atau aplikasi

Jika anda menemukan kesalahan PS4 ini saat menggunakan game atau aplikasi, hal pertama yang harus kita lakukan adalah memeriksa koneksi internet anda, cek di Pengaturan > Jaringan > Uji Koneksi Internet.

Jika kesalahan terjadi saat menghubungkan ke PlayStation Network selama pengujian, anda harus mencoba lagi nanti karena server mungkin mengalami volume lalu lintas yang sangat tinggi dan itu akan mengembalikan kesalahan ini kepada anda.

Error Code CE-34305-5

Informasi: Kesalahan membaca informasi dari hard disk

Kode kesalahan PS4 CE-34305-5 biasanya terjadi ketika sistem tidak dapat membaca beberapa data di hard drive. Dalam hal ini, yang harus anda lakukan untuk memperbaikinya adalah menginstal perangkat lunak sistem terbaru di Pengaturan> Perbarui perangkat lunak sistem dan ikuti instruksi yang muncul di layar.

Jika anda baru saja mengubah hard drive konsol game, kami harus mematikan sistem dan menginstal ulang hard drive asli. Jika kesalahan berlanjut, anda harus mencoba mengatur ulang sistem ke nilai default, tetapi jika kesalahan berlanjut, sistem mungkin rusak dan kami perlu menghubungi Dukungan PlayStation.

Error Code CE-33945-4

Informasi: Koneksi server gagal

Anda mungkin mengalami masalah saat menyambung ke jaringan kami, bahkan PSN atau server game mungkin tidak tersedia untuk sementara. Oleh karena itu, anda harus memastikan bahwa layanan PlayStation Network dan server game tersedia.

Jika keduanya beroperasi, anda harus melakukan tes koneksi internet di Pengaturan> Jaringan> Tes koneksi internet dan konfirmasikan bahwa dapat terhubung.

Disarankan juga untuk mematikan perangkat lain yang terhubung ke jaringan anda, memperbarui firmware router atau jika perlu, hubungi produsen router atau penyedia internet anda untuk mendapatkan bantuan.

Error Code PS4 CE-33987-0

Informasi: Tes koneksi internet gagal

Kesalahan PS4 CE-33987-0 terjadi ketika anda mengalami masalah saat menyambung ke PSN karena batas waktu koneksi selama proses login layanan.

Untuk mencoba mengatasinya, anda bisa melakukan tes koneksi internet di Setting > Network > Test koneksi internet untuk konfirmasi apakah kita bisa connect atau tidak. Jika kami tidak dapat terhubung, kami dapat mencoba mematikan router dan setelah beberapa menit hidupkan kembali.

Memperbarui firmware router juga dapat membantu kami mengatasi masalah ini dan jika masih berlanjut, kami perlu menghubungi produsen router atau ISP kami. Ada kemungkinan server mengalami banyak lalu lintas dan oleh karena itu anda mengalami masalah saat menyambungkan, jadi anda dapat mencoba lagi nanti untuk melihat apakah kesalahan tidak lagi terjadi.

Error Code CE-34632-8

Informasi: Konten tidak tersedia

Kesalahan ini terjadi ketika tidak memungkinkan untuk menggunakan konten pada waktu tertentu, jadi satu-satunya hal yang dapat anda lakukan adalah menghubungi layanan dukungan PlayStation untuk mendapatkan bantuan.

Error Code CE-30784-2

Informasi: Sistem PS4 tidak mendeteksi perangkat USB

Dalam hal ini, kesalahan PS4 CE-30784-2 menunjukkan bahwa sistem PS4 tidak dapat mendeteksi perangkat USB. Jadi, anda harus memeriksa apakah perangkat USB kita kompatibel dengan USB 2.0 atau 3.0, pastikan anda memasukkan perangkat dengan benar ke PS4 & pastikan tidak ada partisi, atau ekstrak dan format di komputer untuk mencoba lagi.

Error CodeCE-30774-1

Informasi: tidak dapat memperbarui

PS4 tidak dapat memperbarui perangkat lunak sistem dengan perangkat penyimpanan USB. Pergi ke Pengaturan> Pembaruan Perangkat Lunak Sistem untuk memperbarui PS4 Anda. Jika ini tidak memungkinkan, anda harus memastikan bahwa perangkat USB menggunakan sistem file FAT atau exFAT. Jika tidak, anda sama saja memperkenalkan USB ke PC atau Mac kami dan memformatnya dengan salah satu dari dua format ini.

Selanjutnya masih dari komputer, anda coba buat folder di perangkat dengan nama PS4 dan di dalamnya dengan nama UPDATE. Jalur ini adalah tempat kita harus menyalin file pembaruan dan kemudian anda dapat mencoba lagi untuk memperbarui perangkat lunak sistem PS4 dari perangkat tersebut. Jika masalah berlanjut, file yang diunduh mungkin rusak, jadi lebih baik hapus file dan unduh lagi.

Error Code CE-34335-8

Informasi: Hard drive tidak terdeteksi pada sistem PS4

Kesalahan PS4 ini terjadi jika sistem tidak dapat mendeteksi hard drive sehingga anda dapat mencoba cara yang berikut untuk memperbaikinya. Matikan sistem PS4 > cabut kabel daya, dan lepas penutup belakang hard drive.

Kemudian anda periksa apakah hard drive terpasang dengan benar atau bahkan anda dapat mengekstraknya dan memasukkannya kembali untuk melihat apakah itu mendeteksi. Jika semuanya berjalan dengan baik, kesalahan akan dihilangkan, tetapi jika tidak, disk mungkin rusak dan kami harus menggantinya.

Error Code CE-37700-7

Informasi: Unduhan dibatalkan karena konten tidak tersedia di PlayStation Store

Dalam hal ini, untuk mencoba mengatasi kesalahan ini, anda harus memastikan bahwa konten yang anda coba unduh itu valid dan anda harus memiliki lisensi untuk menggunakannya. Jika yang anda coba unduh adalah game yang telah anda pesan, anda harus memastikan bahwa kontennya sudah tersedia untuk diunduh dan mencobanya setelah beberapa saat. Jika kesalahan berlanjut, anda dapat mengunjungi forum Playstation untuk informasi lebih lanjut.

Error Code CE-36275-3

Informasi: Gagal mengirim komentar di siaran

Dalam hal ini, layanan streaming mungkin mengalami masalah server. Sebaiknya coba lagi nanti, periksa situs web layanan streaming untuk informasi lebih lanjut dan pastikan pengaturan router dan pastikan jaringan anda tidak memblokir port TCP 6667.

Error Code CE-33319-9

Informasi: Video atau tangkapan layar tidak dapat diunggah karena batas layanan telah tercapai.

Jika anda tidak dapat mengunggah video atau tangkapan layar karena telah mencapai batas layanan, anda harus berkonsultasi dengan kebijakan pengunggahan penyedia layanan. Jika anda menggunakan Dailymotion, anda dapat memeriksa Kebijakan Unggahan mereka dari tautan ini dan mencoba lagi dalam waktu 24 jam.

Error Code CE-35340-5

Informasi: Anda tidak dapat terhubung ke layanan streaming PlayStation.

Ini adalah kesalahan yang berkaitan dengan masalah layanan, jadi anda harus mencoba menghubungkannya nanti.

Error Code CE-35489-9

Informasi: Kode wilayah DVD atau Disk Blu-ray ini tidak kompatibel dengan sistem PlayStation 4 ini karena batasan wilayah yang berlaku untuk DVD dan Disk Blu-ray.

Untuk mencoba memperbaiki kesalahan PS4 ini, anda harus memeriksa kode wilayah disk. Penting untuk diketahui bahwa Anda tidak dapat mengubah wilayah sistem.

Error Code CE-34544-0

Informasi: Ada kemungkinan bahwa database sebagian rusak karena informasi yang diperlukan untuk memulai aplikasi tidak dapat ditemukan.

Dalam hal ini, yang harus anda lakukan untuk mencoba memperbaiki kesalahan ini adalah memastikan bahwa kami telah sepenuhnya memperbarui perangkat lunak sistem. Untuk melakukan ini, kita pergi ke Pengaturan> Pembaruan Sistem Perangkat Lunak dan versi terbaru yang tersedia akan diinstal jika kita belum memilikinya.

Selanjutnya, sorot aplikasi di layar beranda dan klik tombol Opsi pada remote dan pilih opsi Periksa pembaruan. Jika masalah berlanjut, kami mem-boot sistem ke mode aman dan melakukan pembangunan kembali basis data.

Jika masih tidak dapat mengatasi kesalahan PS4 ini, anda bisa menginstal ulang aplikasi dan mencadangkannya ke penyimpanan online PS Plus. Untuk melakukan ini, buka Pengaturan> Manajemen data aplikasi> Data disimpan di penyimpanan sistem> Unggah ke penyimpanan online.

Jika anda pelanggan PS Plus, anda dapat mencadangkan data ke perangkat USB. Pergi ke Pengaturan> Manajemen data aplikasi tersimpan> Data tersimpan di penyimpanan sistem> Salin ke perangkat penyimpanan USB.

Setelah ini selesai, tekan tombol Opsi pada remote control, pilih aplikasi di layar beranda dan memilih opsi Hapus untuk menghapus aplikasi. Sekarang anda mengunduh game dari Perpustakaan dan jika itu adalah game fisik, anda masukkan disk untuk menginstal ulang game.

Error Code CE-34861-2

Informasi: Koneksi error.

Jika anda terhubung ke Internet dan tiba-tiba menemukan kesalahan ini, ada kemungkinan PSN atau server game tidak tersedia untuk sementara. Oleh karena itu, anda harus memeriksa status server game di situs resminya dan status server PSN.

Jika semuanya benar dan masalah berlanjut, anda harus memeriksa sertifikat SSL di lingkungan jaringan dan memverifikasi bahwa itu tersedia.

Error Code CE-32921-7

Informasi: Sistem tidak dapat membaca disk.

Jika anda menemukan kesalahan PS4 CE-32921-7, anda harus mengeluarkan disk dari konsol dan memeriksa apakah itu tidak kotor atau rusak. Anda juga perlu memeriksa apakah format disk kompatibel dengan PS4.

Jika kesalahan masih berlanjut, matikan sistem, mulai ulang dalam mode aman dan coba bangun kembali basis data dengan opsi 5 mode aman.

Error Code CE-38612-0

Informasi: Data aplikasi pada hard drive mungkin sebagian rusak.

Dalam hal ini, hal pertama yang harus dilakukan adalah mencadangkan game yang Anda simpan ke perangkat penyimpanan USB atau penyimpanan online PS Plus. Kemudian tekan tombol opsi pada remote sambil menyorot ikon aplikasi di layar beranda dan memilih opsi hapus untuk menghapus aplikasi.

Setelah ini selesai, anda harus menginstal aplikasi lagi. Oleh karena itu, anda memperkenalkan disk game ke dalam sistem PS4 jika itu adalah versi fisik, atau kami mengakses perpustakaan untuk mengunduhnya jika kami telah membelinya dari PS Store.

Jika setelah semua ini anda terus menemukan kesalahan PS4 CE-38612-0, maka buka Pengaturan> Startup> Mulai PS4> Cepat dan boot sistem. Setelah itu kita install aplikasinya.

Jika anda telah mengubah hard drive PS4, mungkin harus menginstal ulang hard drive asli yang menyertakan sistem PS4 untuk memperbaiki kesalahan.

Error Code E-33992-6

Informasi: Kesalahan selama tes koneksi internet.

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah memeriksa status layanan PSN di halaman status perangkat yang terhubung.

Jika layanan PSN berfungsi dengan baik dan anda masih mendapatkan error code CE-33992-6, maka masalah konektivitas mungkin terkait dengan jaringan rumah anda.

Error Code CE-33126-5

Informasi: Tidak dapat melanjutkan streaming. Teks atau setelan yang terkait dengan saluran mungkin tidak valid.

Pada kesempatan ini, anda harus memastikan bahwa deskripsi siaran di YouTube kurang dari 200 karakter, karena jika melebihi batas ini, anda akan menemukan kesalahan ini.

Error Code CE-35918-6

Informasi: Disk tidak dapat dibaca.

Untuk mencoba memperbaiki kesalahan PS4 CE-35918-6, hal pertama yang harus anda lakukan adalah mengeluarkan disk dari konsol dan memeriksa apakah kotor atau rusak. Untuk memeriksa apakah ada masalah dengan game itu, anda dapat mencoba memasukkan game lain, DVD atau Blu-ray dan memverifikasi bahwa semuanya berfungsi dengan benar. Dalam hal ini, disk yang bersangkutan akan rusak, tetapi jika sebaliknya disk tidak dapat membaca disk lain, maka anda harus menghubungi layanan dukungan PlayStation.

Error Code CE-36249-4

Informasi: Konten tidak dapat diunduh. Tanggal pengunduhan belum tiba.

Untuk memperbaiki kesalahan PS4 CE-36249-4, anda harus mencoba mengunduh konten ketika tanggal rilis mendekat. Untuk mengaktifkan fungsi pengunduhan otomatis, anda harus masuk ke Pengaturan > Sistem > Unduhan dan unggah otomatis dan aktifkan Data tersimpan dan file pembaruan.

Error Code CE-33937-5

Informasi: Konten tidak dapat digunakan. Untuk menggunakan konten, beli dari PlayStation Store.

Kesalahan ini muncul karena konten ini hanya dapat digunakan oleh pengguna yang memiliki lisensi untuk itu, jadi jika anda ingin menggunakannya, kami harus mengubah pengguna atau membeli konten dari PlayStation Store.

Error Code CE-34867-8

Informasi: Anda telah memasukkan disk yang salah.

Satu-satunya hal yang harus anda lakukan untuk memperbaiki kesalahan PS4 ini adalah memasukkan disk yang benar dan memulai permainan lagi.

Error Code CE-32951-0 dan CE-38702-0

Informasi: Terjadi masalah koneksi jaringan.

Tidak dapat memperoleh informasi dari server. Anda mungkin mengalami masalah saat menyambung ke jaringan atau Internet. Ada banyak kesalahan PS4 yang menunjukkan masalah koneksi jaringan tertentu. Jadi jika anda tidak dapat terhubung ke PlayStation Network (PSN), hal pertama yang harus diperiksa adalah apakah layanan PSN tersedia.

Jika PSN tersedia, periksa status koneksi kami di Pengaturan> Jaringan> Uji Koneksi Internet. Jika and terus mengalami masalah, kami harus memastikan bahwa firmware router diperbarui dengan benar. Terakhir, anda harus menghubungi Penyedia Layanan Internet untuk memeriksa status koneksi.

Error Code CE-32937-4

Informasi: Gagal mengunduh data.

Pada kesempatan kali ini, hal pertama yang harus anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan mengecek masa distribusi konten yang akan anda download. Jika masih tersedia, anda bisa mencoba membatalkan unduhan dari Notifikasi > Unduhan, tekan tombol Opsi pada remote sambil menyorot pesan dan pilih Hapus untuk membatalkan unduhan.

Jika kesalahan berlanjut, anda mungkin memiliki masalah koneksi sekarang, jadi anda harus mencoba lagi nanti. Mungkin juga layanan PSN sedang sibuk sementara, jadi kami dapat memeriksa status Anda di playstation.com dan jika demikian, coba lagi nanti.

Bisa jadi firewall atau alat keamanan lainnya menghalangi kita untuk terhubung ke jaringan, jadi anda harus memastikan perangkat jaringan tidak memblokir port TCP: 80, 443, 3478, 3479, 3480 dan UDP: 3478, 3479.

Error Code CE-35413-6

Informasi: Kode PIN untuk Remote Play salah.

Untuk mengatasi kesalahan ini, kita harus memastikan bahwa kita memasukkan kode PIN yang benar.

Error Code CE-32930-7

Informasi: Data yang diunduh ke hard drive mungkin rusak.

Jika anda menemukan kesalahan ini pada sistem PS4, pergi ke layar beranda dan tekan tombol Opsi pada pengontrol sambil menyorot ikon konten. Sekarang anda bisa memilih opsi Hapus untuk menghapusnya dan akan melanjutkan unduhan untuk melihat apakah semuanya sudah teratasi.

Error Code CE-38604-1

Informasi: Tidak dapat mengunduh aplikasi karena Anda telah menginstal versi disk dengan judul yang sama.

Jika anda menemukan kesalahan PS4 ini, coba perbaiki dengan mengarahkan ke aplikasi di layar beranda sistem, mengklik tombol Opsi pada pengontrol, memilih opsi Hapus untuk menghapusnya dari sistem, dan mengunduhnya lagi. Penting untuk diketahui bahwa PS4 akan menyimpan data penyimpanan game Anda, tetapi Anda harus mengunduh plugin lagi.

Error Code CE-32869-8

Informasi: Aplikasi tidak dapat dimulai karena informasinya tidak valid. Basis data mungkin rusak sebagian.

Jika anda menemukan bahwa anda tidak dapat meluncurkan aplikasi, yang akan anda lakukan adalah memulai sistem PlayStation 4 dalam Safe Mode dan pilih opsi 5 Rebuild Database. Setelah ini selesai, coba luncurkan aplikasi dan jika kesalahan berlanjut, kami me-restart sistem dalam Safe Mode atau Perbarui perangkat lunak sistem.

Jika kesalahan hanya terjadi pada aplikasi tertentu, anda juga dapat mencoba menghapus aplikasi dengan menekan tombol Opsi pada remote saat memilih aplikasi tersebut di layar beranda dan memilih Hapus. Kemudian anda dapat menginstalnya kembali dari PlayStation Store.

Jika kesalahan mereproduksi dengan beberapa aplikasi atau game, yang terbaik adalah mencadangkan data penyimpanan Anda dari Pengaturan> Penyimpanan Sistem Simpan Manajemen Data dan luncurkan sistem PS4 Anda dari Pengaturan> Mulai> Inisialisasi PS4> Cepat.

Error Code CE-39984-3

Informasi: PS4 Mendapatkan Alamat IP Tetapi Tidak Dapat Terhubung ke Internet

Dalam hal ini, yang dapat anda lakukan untuk memperbaiki kesalahan PS4 adalah memeriksa pengaturan jaringan dan melakukan tes untuk memverifikasi koneksi internet. Jika anda terhubung ke WiFi, anda mungkin harus masuk ke jaringan zona nirkabel untuk terhubung ke Internet.

Jika anda tidak dapat membuka browser PS4, pergi ke Pengaturan> Panduan Pengguna dan di sana anda akan menemukan layar masuk di area WiFi.

Error Code CE-35451-8

Informasi: Terjadi kesalahan saat menyambung ke server

Sebelum kesalahan PS4 ini yang bisa anda lakukan adalah me-restart sistem konsol game dan jika kesalahan berlanjut maka itu bisa menjadi masalah khusus dengan server PlayStation sehingga kami dapat menguji apakah anda dapat terhubung nanti atau memeriksa status di status playstation.com.

Error Code CE-32883-4

Informasi: Kesalahan internal telah terjadi

Kesalahan ini mungkin tidak memberi anda banyak informasi, hanya saja kesalahan sistem internal telah terjadi. Dalam hal ini, yang dapat anda lakukan adalah mencoba mematikan sistem PS4 dan memulai kembali untuk melihat apakah masalahnya adalah sesuatu yang spesifik dan telah teratasi.

Error Code CE-37704-1

Informasi: Unduhan dibatalkan karena tidak ada cukup ruang di hard disk

Seperti yang ditunjukkan oleh kesalahan itu sendiri, anda memiliki masalah ruang hard drive di konsol game. Oleh karena itu, harus harus menghapus beberapa aplikasi atau game. Untuk melakukan ini, cukup pilih aplikasi yang ingin Anda hapus dan dari tombol Opsi pada remote, pilih opsi Hapus.

Error Code CE-33950-0

Informasi: Gagal terhubung ke server untuk memverifikasi lisensi

Ketika anda menemukan error code CE-33950-0 ini sebelumnya, ada kemungkinan server mengalami masalah koneksi, jadi anda harus mencoba lagi setelah beberapa saat.

Error Code CE-33984-7

Informasi: Batas waktu uji koneksi saat mencoba mendapatkan alamat IP

Pada kesempatan kali ini, satu-satunya hal yang bisa anda lakukan untuk mencoba mengatasi masalah tersebut adalah dengan melakukan tes ulang koneksi internet.

Error Code CE-35239-2

Informasi: Anda perlu memperbarui perangkat lunak sistem PS4 untuk menggunakan fungsi jaringan

Seperti yang ditunjukkan oleh pesan itu sendiri, yang harus anda lakukan dalam hal ini adalah memperbarui perangkat lunak sistem PS4. Untuk melakukannya, buka PS4 > Pengaturan > Pembaruan Perangkat Lunak Sistem dan ikuti petunjuk untuk memperbarui perangkat lunak.

Error Code CE-30012-6

Informasi: Kesalahan internal

Jika anda menemukan kode kesalahan PS4 ini, hal pertama yang dapat kami lakukan adalah memperbarui perangkat lunak sistem ke versi terbaru di Pengaturan> Perbarui Perangkat Lunak Sistem. Langkah selanjutnya bersihkan disk dengan baik dan pastikan tidak rusak, tergores atau kotor lalu restart kembali sistem PS4 untuk melihat apakah internal error sudah hilang.

Error Code CE-35485-5

Informasi: Tidak dapat memutar disk

Jika menemukan error code CE-35485-5, anda harus memeriksa bahwa pengaturan kontrol tidak mencegah disk diputar atau disk kotor atau tergores.

Error Code CE-40852-9

Informasi: Terjadi kesalahan pada server

Jika anda menemukan kesalahan ini yang menunjukkan bahwa telah terjadi kesalahan server, anda dapat mencoba me-restart sistem PS4 dan melihat apakah itu telah diperbaiki. Jika tidak, anda bisa mengecek koneksi di Settings > Network > Test Internet Connection. Jika pengujian berhasil, kemungkinan besar anda harus memperbarui firmware router. Anda juga dapat menggunakan alat Perbaiki & Hubungkan untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang solusi untuk jenis kesalahan ini.

Error Code CE-38633-3, CE-35235-8, CE-36297-8 dan CE-40890-1

Informasi: Transmisi terputus karena kesalahan dengan server

Kualitas koneksi anda mungkin tidak cukup baik untuk transmisi yang benar. Dalam hal ini, anda dapat mencoba mengurangi kualitas streaming dengan memulainya dari Stream game > Quality. Tetapi disarankan juga untuk memastikan bahwa firmware router diperbarui dengan benar atau jaringan anda tidak jenuh karena terlalu banyak perangkat yang terhubung secara bersamaan.

Error Code CE-40911-5

Informasi: Kode kesalahan PlayStation VR

Anda mungkin mengalami bug PS4 ini jika anda tidak menginstal perangkat lunak sistem terbaru yang tersedia di PS4 dan menghubungkan PlayStation VR anda untuk pertama kalinya. Dalam hal ini, yang harus anda lakukan adalah memperbarui perangkat lunak sistem PS4 di Pengaturan> Perbarui Perangkat Lunak Sistem. Setelah diperbarui, anda memulai PlayStation VR lagi dan kemudian anda akan diminta untuk memperbarui perangkat lunak PlayStation VR. Untuk melakukan ini, cukup ikuti instruksi yang muncul di layar.

Error Code CE-40305-2, CE-40306-3, CE-40307-4, CE-40327-6, CE-40309-6, CE-40326-5, CE-40311-9, CE-40325 - 4 , CE-40312-0, CE-40315-3, CE-40313-1, CE-40314-2, CE-40316-4, CE-40317-5, CE-40318-6, CE-40319-7, CE -40320-9, CE-40321-0, CE-40322-1, CE-40323-2, C-82E10193 dan CE-40324-3

Informasi: Terjadi kesalahan saat memperbarui perangkat lunak perangkat VR

Hal pertama yang harus anda lakukan jika menemukan kesalahan PS4 ini adalah memastikan perangkat anda terhubung dengan benar dengan memeriksa kabel dan semua koneksi. Jika semuanya sudah benar, langkah selanjutnya adalah memperbarui perangkat lunak perangkat PS VR.

Untuk ini, anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa konsol game terhubung ke Internet dan baik Playstation 4 maupun PlayStation VR memiliki versi terbaru dari sistem. Untuk memperbarui perangkat lunak sistem PS4, anda harus pergi ke Pengaturan> Pembaruan perangkat lunak sistem> Pilih Berikutnya jika ada versi yang lebih baru untuk diinstal.

Dalam kasus PS VR, untuk memperbarui sistem anda harus pergi ke Pengaturan > Perangkat > PlayStation VR > Perangkat Lunak Perangkat PlayStation VR > Perbarui Perangkat Lunak Perangkat PlayStation VR.

Error Code CE-33327-8

Informasi: Kesalahan USB PS VR

Pada kesempatan kali ini, sebelum error CE-33327-8, yang bisa anda lakukan adalah matikan PS4 kita sepenuhnya, cabut kabel power dan tunggu beberapa menit untuk menyambungkannya kembali. Hal yang sama harus dilakukan dengan kabel USB PS VR dan PS4 dan kemudian restart PS4.

Error Code CE-38606-3

Informasi: Konten berikut tidak dapat ditambahkan ke unduhan

PS4 menunjukkan bahwa kesalahan ini tergantung pada sejumlah faktor dan bahwa untuk mendapatkan bantuan untuk menyelesaikannya, lebih baik untuk mencari kasus di mana pengguna lain telah mengalami masalah ini dan berbagai cara untuk mengatasinya. Informasi ini dapat ditemukan di forum PlayStation.

Error Code CE-30022-7

Informasi: Format hard drive lagi

Jika anda menemukan kesalahan ini pada sistem PS4 anda, yang harus anda lakukan adalah memformat ulang hard drive. Tetapi jika kesalahan berlanjut, anda harus me-restart sistem PS4 dan mencoba memformatnya sekali lagi.

Error Code CE-30006-9

Informasi: Sambungkan kembali hard drive dan perbaiki sistem file dengan mengikuti instruksi

Untuk mencoba memperbaiki kesalahan ini, sambungkan kembali hard drive dan perbaiki sistem file dengan mengikuti petunjuk. Jika kesalahan berlanjut, anda dapat memformat hard drive atau, jika perlu, mencoba menggunakan hard drive lain.

Error Code PS4 CE-41899-1

Informasi: Hubungkan perangkat penyimpanan eksternal USB langsung ke sistem PS4

Ada sedikit yang bisa dikatakan tentang kode kesalahan ini. Seperti yang ditunjukkan oleh deskripsi yang sama, jika anda menemukan kode kesalahan PS4 CE-41899-1, yang harus anda lakukan untuk memperbaikinya adalah menghubungkan perangkat penyimpanan USB eksternal langsung ke sistem PS4. Jika terhubung, anda harus memverifikasi bahwa koneksi sudah benar.

Error Code E-41902-6

Informasi: Gunakan perangkat penyimpanan USB eksternal yang memenuhi persyaratan berikut:

Jika hard drive anda adalah USB 3.0, anda mungkin mendapatkan pesan kesalahan ini jika koneksi terlalu lambat. Idealnya, koneksi harus melalui USB 3.0 atau lebih baru.

Error Code CE-30008-1

Informasi: Terjadi kesalahan saat memulai konten

Ketika menemukan kode kesalahan PS4 ini sebelumnya, yang dapat anda coba adalah me-restart sistem dan mencoba meluncurkan konten lagi atau, menghapus konten dari sistem, mengunduh dan menginstalnya lagi.

Error Code CE-41901-5

Informasi: Gunakan perangkat penyimpanan USB eksternal yang memenuhi persyaratan berikut:

Meski dengan deskripsi yang sama dengan error sebelumnya, namun kode error PS4 berbeda dan kali ini mengacu pada fakta bahwa kapasitas hardisk minimal harus 250GB dan maksimal 8TB. Jika anda tidak menggunakan drive dengan kisaran kapasitas ini, anda mungkin mengalami kesalahan ini.

Error Code CE-41558-3

Informasi: Tidak dapat memulai aplikasi

Untuk mengatasi kesalahan PS4 ini, anda harus pergi ke Pengaturan> Pembaruan perangkat lunak sistem, pilih Berikutnya jika ada versi perangkat lunak yang lebih baru untuk memperbaruinya. Jika kesalahan berlanjut, anda dapat mencoba untuk menghapus aplikasi dan menginstalnya kembali.

Error Code CE-32723-7

Informasi: Item rusak atau tidak dapat dideteksi oleh sistem

Kesalahan ini dapat ditemui saat memilih tema, dalam hal ini kita harus mencoba mengunduhnya lagi. Untuk melakukan ini, buka Notifikasi > Unduhan, pilih konten, tekan tombol Opsi pada remote dan hapus topik. Kemudian anda bisa pergi ke Pengaturan> Tema dan mengunduh konten lagi.

Untuk konten lain, anda juga dapat membuka Perpustakaan dan memverifikasi bahwa anda memiliki lisensi untuk konten tersebut. Jika sudah, anda dapat mencoba mengunduh konten lagi, masuk ke Pengaturan> PSN> Pulihkan lisensi, matikan dan restart sistem dalam mode aman hingga akhirnya memilih opsi Rebuild Database.

Error Code CE-37857-0

Informasi: PS4 tidak mengenali perangkat penyimpanan USB

Jika PS4 tidak mengenali perangkat penyimpanan USB, anda harus memeriksa apakah itu terhubung dengan benar. Namun, anda dapat mencoba memutuskan dan menyambungkan perangkat lagi untuk melihat apakah perangkat mengenalinya.

Anda dapat memilih Suara / Perangkat > Berhenti menggunakan penyimpanan yang diperluas dari menu cepat dan kemudian sambungkan kembali perangkat, pastikan untuk menghubungkannya dengan benar. Penting juga untuk memverifikasi bahwa perangkat penyimpanan dalam format FAT atau exFAT.

Error Code CE-32894-6

Informasi: Sambungan ke server terputus.

Ada kemungkinan terjadi masalah koneksi jaringan atau PlayStation Network atau server penyedia layanan sedang sibuk untuk sementara.

Error Code CE-42040-0 & CE-42041-1

Informasi: Operasi ini tidak dapat dilakukan. Ruang kosong tidak cukup pada penyimpanan sistem

Yang bisa kita lakukan hanyalah mengosongkan ruang di PS4 kita dengan menghapus atau membuat salinan cadangan game atau menyimpan konten lainnya dan mencoba lagi apa yang akan kita lakukan nanti.

Error Code CE-33991-5

Informasi: Tidak Dapat Terhubung ke Jaringan PlayStation (“PSN”)

Semua kesalahan ini ada hubungannya dengan masalah koneksi internet yang berbeda. Jika sistem tidak dapat terhubung ke PlayStation Network, layanan PlayStation Network mungkin tidak tersedia untuk sementara.

Jika layanan tersedia, lakukan tes koneksi internet di Pengaturan> Jaringan> Tes koneksi internet, tetapi jika masih tidak dapat menghilangkan kesalahan, sesuatu yang juga dapat membantu kami adalah mematikan dan menghidupkan router setelah beberapa menit atau perbarui firmware Anda.

Error Code CE-32899-1

Informasi: Tidak dapat terhubung ke server

Jika anda menemukan kesalahan PS4 ini, anda dapat mencoba memulai ulang sistem PS4 dan memulai ulang router. Jika masalah berlanjut, anda dapat me-restart router dan memilih Settings > Network > Configure Internet Connection dan menyambungkan kembali router. Anda juga dapat membantu mengatasi kesalahan ini dengan memperbarui firmware router ke versi terbaru. Setelah ini selesai, pilih Pengaturan> Jaringan> Uji Koneksi Internet dan periksa status koneksi Internet.

Mungkin juga firewall atau tindakan keamanan lainnya mencegah kita terhubung ke server, jadi anda juga harus memastikan bahwa perangkat jaringan tidak memblokir port TCP 80, 443, 3478, 3479 dan 3480, serta port UDP. 3478 dan 3479.

Jika anda tidak dapat terhubung ke layanan selain PSN dan memeriksa status layanan tersebut. PSN mungkin sibuk sementara; dalam hal ini, anda dapat mencoba lagi nanti atau memeriksa status jaringan di Pengaturan> Jaringan> Lihat Status Layanan Jaringan PlayStation. Anda juga dapat memeriksanya di PC atau ponsel di status.playstation.com.

PENUTUP: itulah kumpulan kode kesalahan jenis CE yang terdapat di playstation 4. Sebenarnya masih ada yang mungkin sebagian yang tida saya cantumkan, karena yang saya tulis diatas hanya kumpulan kode jenis CE yang pernah saya jumpai. jika memang anda menemukan kode yang lain, silahkan berikan komentar dibawah agar saya bantu untuk memberikan solusi cara memperbaikinya.

Untuk kode kesalahan jenis E, NW, SU, WF, WS, NP & WC akan saya bahas di artikel yang berbeda. Silahkan pilih artikel dibawah ini untuk menemukan kode kesalahan PS4 anda.

Post a Comment

© Ananda Larasati. All rights reserved. Developed by Jago Desain
Ngô Vi Minh Hiếu