kuchink

Cara Agar Lokasi Anda Tidak Dapat Dilacak Oleh Orang

Cara Agar Orang Tidak Dapat Melacak Lokasi Kita

Cara agar lokasi kita tidak dapat dilacak

Pelacakan lokasi tentu bisa sangat berguna karena akan lebih mudah bila aplikasi dapat memberi tahu lokasi anda maupun orang lain. Tapi, apakah anda ingin lokasi Anda selalu terlacak oleh Google? Apakah Anda ingin orang lain selalu tahu dimana lokasi anda berada ?

Pada artikel ini, saya akan membahas tentang cara menghentikan pelacakan lokasi di ponsel Android Anda (dan akun Google) dan cara menghapus riwayat lokasi Anda dari OS dan dari beberapa aplikasi populer yang anda pakai. Seperti biasa, perhatikan bahwa versi Android dapat berbeda, karena bisa saja setiap versi type android memiliki cara tersendiri untuk menjalankan perintah.

Tetapi mungkin caranya cukup mirip sehingga tidak terlalu susah untuk anda mengikuti petunjuk ini. Untuk petunjuk ini, saya menggunakan ponsel Pixel 6 yang menjalankan Android 12, tetapi saya telah menyertakan beberapa petunjuk untuk mereka yang memiliki versi Android sebelumnya.

Hentikan Google ataupun Orang Lain Melacak Lokasi Anda

Anda mungkin tahu bahwa Google dapat melacak lokasi dan pergerakan Anda melalui aplikasi Google Maps. Tetapi Anda mungkin tidak menyadari bahwa ponsel Android Anda juga melacak gerakan dan aktivitas Anda melalui beberapa aplikasi bawaan lainnya.

Jika Anda benar-benar tidak ingin ponsel Anda melacak setiap gerakan dan aktivitas Anda, ada cara untuk menonaktifkan pelacakan lokasi. Anda hanya perlu mencari aplikasi seperti aplikasi travel, aplikasi cuaca & maps. Karena aplikasi ini bekerja membutuhkan GPS.

1. Cara Menghentikan Google ataupun Orang Melacak Posisi Anda

Pertama, yang harus anda lakukan adalah menghentikan Google menyimpan data Anda.
  • Buka https://myactivity.google.com/
  • Di bawah "Aktivitas Google Saya", Anda akan melihat tombol untuk tiga jenis aktivitas: Aktivitas Web & Aplikasi, Riwayat Lokasi, dan Riwayat YouTube. Anda dapat mengunjungi masing-masing pilihan dengan memilih tombol yang sesuai.
  • Dari ketiga pilihan di atas, ubah semuanya menjadi "Nonaktifkan"
Oke, sekarang Anda telah mencegah pengumpulan data lagi. Tetapi Anda mungkin ingin menghapus semua atau beberapa informasi yang telah dikumpulkan.
  • Kembali ke halaman Aktivitas Saya dan klik "Hapus aktivitas menurut" di menu sebelah kiri.
  • Anda akan melihat jendela pop-up yang memungkinkan Anda menghapus aktivitas berdasarkan periode waktu: jam terakhir, hari terakhir, sepanjang waktu, rentang tertentu. Pilih opsi "Sepanjang Waktu"

2. Nonaktifkan Pelacakan Lokasi Untuk Aplikasi Tertentu

Anda dapat mengetahui aplikasi mana yang benar-benar menggunakan pelacakan lokasi dan hanya menonaktifkannya untuk aplikasi yang Anda rasa tidak membutuhkannya.
  • Buka halaman Lokasi (dengan menekan lama ikon GPS di bagian atas layar notif bar (jalan pintas)
  • Pilih "Izin aplikasi"
  • Anda akan menemukan di sini daftar semua aplikasi Anda saat ini yang memiliki izin untuk mengakses lokasi Anda baik sepanjang waktu atau hanya saat digunakan. Ketuk salah satu untuk mengubah izin untuk mengizinkan sepanjang waktu, hanya mengizinkan saat digunakan, bertanya setiap saat, atau menolak.
  • Anda juga dapat memutuskan apakah aplikasi akan diizinkan untuk menggunakan "lokasi yang tepat" dengan kata lain, gunakan lebih dari sekadar GPS untuk menentukan di mana Anda berada. Untuk itu, “Google Location Accuracy” juga terdapat di halaman Lokasi.

3. Hapus Riwayat Lokasi Anda di Android

Meskipun Anda dapat menghapus riwayat lokasi yang dikumpulkan untuk linimasa Google Anda di area "Aktivitas Saya" Anda juga dapat menghapusnya dengan mudah di Google Maps.

  • Buka aplikasi Google Maps Anda.
  • Pilih ikon profil Anda di sudut kiri atas.
  • Lalu pilih "Garis Waktu Anda"
  • Pilih tiga titik di sudut kanan atas. Ketuk "Pengaturan dan Privasi."
  • Gulir ke bawah ke "Hapus semua Riwayat Lokasi". Anda akan mendapatkan jendela pop-up yang meminta Anda untuk mencentang kotak yang menyatakan bahwa Anda memahami bahwa beberapa aplikasi Anda mungkin tidak berfungsi dengan baik. Centang kotak dan pilih "Hapus."
  • Anda juga memiliki opsi untuk menghapus riwayat lokasi Anda dalam rentang tanggal atau mengatur aplikasi untuk secara otomatis menghapus riwayat lokasi Anda setelah tiga, 18, atau 36 bulan.

4. Hapus Riwayat Lokasi Anda di Aplikasi Facebook

Facebook memang menyimpan riwayat terpisah dari lokasi Anda, dan jika Anda ingin menghapus riwayat itu, Anda dapat melakukannya melalui aplikasi seluler atau browser.
  • Di aplikasi Facebook, pilih tiga garis sama panjang di sudut kanan atas.
  • Gulir ke bawah dan ketuk "Pengaturan & Privasi"
  • Ketuk "Pengaturan."
  • Gulir ke bawah dan ketuk "Lokasi" (yang berada di bawah subjudul "Izin"). Ini akan membawa Anda ke halaman "Layanan Lokasi".
  • Sekarang Anda dapat memilih untuk membiarkan Facebook mengakses lokasi ponsel Anda sepanjang waktu, saat menggunakan aplikasi, atau tidak sama sekali.
  • Jika Anda ingin mengizinkan Facebook untuk menyimpan riwayat lokasi Anda (atau menghentikannya), ketuk "Riwayat Lokasi" untuk mengaktifkan atau menonaktifkannya. Di sini Anda juga dapat menghapus riwayat lokasi yang ada.

Penutup

Jika memang anda dalam kondisi yang tidak ingin diketahui oleh orang lain lokasi anda, lebih penting menghapus riwayat lokasi aplikasi tertentu. Misalnya Twitter, Facebook & Instagram. Cukup hapus riwayat lama agar lokasi yang pernah anda kunjungi tidak dapat ditemukan.

Post a Comment

© Ananda Larasati. All rights reserved. Developed by Jago Desain
Ngô Vi Minh Hiếu